Minggu, 15 Januari 2023

Gali Potensi Ukir Prestasi

 



Judul               : " Menggapai Bintang dengan Menulis"

Oleh                : Ni Putu Nala Krisdiani, S.I.P., M.Sc.

Tanggal           : Jumat, 13 Januari 2023

Tema               : Gali Potensi Ukir Prestasi

Gelombang     : 28

Narasumber    : Aam Nurhasanah, S,Pd.

Moderator       : Arifiah Afifi


       Hai Sobbat Blogger, bertemu kembali ya kita pada pertemuan ke 3, kali ini kita membahas dengan tema "Gali Potensi Ukir Prestasi" yang diadakan pada hari Jumat tanggal 13 Januari 2023 pukul 19.00 Wib. Apa sih itu Gali Potensi dan Ukir Prestasi? yang ada dalam benak saya bahwa setiap orang mempunyai potensi didalam dirinya, hanya terkadang ada yang tidak menyadarinya atau mengenalinya. Apabila hal itu terjadi mungkin ada baiknya bermula dari hobi kita, temukan, rasakan, kembangkan, nah...bisa tuh muncul ide-ide yang akan berkembang.
     Sobbat Blogger yang saya banggakan, berkaitan dengan tema Gali Potensi dan Ukir Prestasi sekiranya kita perlu mengenal sosok yang luar biasa dari narasumber kita yaitu Ibu Aam Nurhasanah, S.Pd. Sedikit saya mengulas bahwa beliau sudah banyak meraih gelar juara 1 dalam menulis, selain itu mengukir prestasi menjadi seorang narasumber di berbagai acara dan menjadi editor. Beliau adalah guru tanpa jasa tepatnya di SMPN SATU ATAP 4 Cipanas, Kp. Gununghaur, Desa Pasirhaur, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. 
        Sobbat Blogger yang saya sayangi, "Setiap manusia diberikan kesempatan yang sama untuk menggali segala potensi yang dimiliki untuk meraih prestasi dan bisa memulai dengan apa yang kita sukai" hal itu yang disampaikan oleh ibu Aam. Bila kita cermati perjalanan kehidupan ibu Aam bahwa beliau sangat menyenangi menulis, bermula dari apa yang disukai, yang dialami dan apa yang dikuasai ketiga kata kunci tersebutlah bermula sebuah goresan tulisan akhirnya membentuk sebuah kalimat yang indah dan bermakna. Namun, bagi yang masih awam dalam menulis kebanyakan orang merasakan rasa tidak percaya diri, takut tulisan tidak bagus, tidak dapat menyentuh perasaan bagi yang membaca, takut diejek dan sebagainya. Perasaan-perasaan tersebut adalah hambatan terbesar kita untuk melangkah, takut salah, tidak percaya diri, yah wajar namun harus kita kendalikan. 
        Sobbat Blogger yang saya banggakan, pilihan ada di diri kita apakah tulisan yang kita buat hanya sebatas dalam bentuk draft saja lalu berlalu, ataukah berani mencoba lalu  dipublikasikan sehingga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan? Yukss..jangan patah arang tetap semangat tidak ada kata terlambat untuk memulai. Siapa yang menyangka ketika ibu Aam menjadi peserta dan pemberi materi adalah ibu Kanjeng saat itu beliau merasakan semangat yang sangat berkobar sehingga menuangkan perasaannya ke dalam sebuah buku antologi yang berjudul "Semangat Menulis" dan menjadi urutan pertama dari 42 penulis se-Indonesia.  Wouww sungguh luar biasa ya Sobbat Blogger....!!! 

                

Nah inilah wujud dari semangat yang berkobar sehingga membuahkan sebuah hasil karya yang takjub, potensi yang dimiliki oleh ibu Aam sungguh menakjubkan dan luar biasa. Dengan semangat dan rasa percaya diri ibu Aam banyak melahirkan kembali karya-karya ciptaannya seperti Mengukir Mimpi Jadi Penulis Hebat yang menjadi buku solo pertama ibu Aam, setelah itu saat lulus dari KBMN 12 ibu Aam menjadi salah satu tim Solid Omjay serta bertugas menjadi moderator di kelas belajar menulis dan kelas belajar bicara. Lalu terbit kembali buku solo kedua dengan judul Kunci Sukses Menjadi Moderator Online. 

Ibu Aam banyak belajar dari Omjay, bahwasannya menulislah setiap hari, dan setiap pengalaman wujudkan dalam sebuah tulisan dan dibukukan agar setiap yang kita tulis dapat menjadi jejak literasi. 
    Sobbat Blogger yang saya kasihi, setiap orang mempunyai angan-angan dan cita-cita, begitu pula ibu Aam pernah bermimpi suatu saat karya bukunya dapat terpajang di Gramedia berkat keuletannya beliau dapat mewujudkan keinginannya tersebut. Dimana ada kemauan pasti ada jalan begitulah kalimat penyemangat buat kami semua yang tengah berjuang melawan rasa malas, menyisihkan sebagian waktu kami agar kami semua bisa seperti ibu Aam dan para narasumber lainnya. Taukah sobbat blogger, semangat ibu Aam semakin berkobar lagi dengan dibuktikannya beliau masuk ke dalam 10 besar lomba blog, dan lomba blog PGRI meraih juara 1 pada bulan Maret 2021. Wouw prestasi kembali diukur oleh ibu Aam. 
    Sobbat Blogger, "Menggapai Bintang dengan Menulis" terus berkobar di dada ibu Aam kembali beliau menerbitkan buku solo yang ketiga tentang bagaimana para penulis dapat konsisten tanpa jeda wouwww sungguh amazing bisa kebayang ya..!! tantangan yang luar biasa buat kita semua ditengah-tengah kesibukan tugas pokok di kantor kita masing-masing. 








    Sobbat Blogger yang berbahagia, ketika hati dan pikiran selaras maka alam semesta akan menyertai langkah kita, ini terbukti pada ibu Aam setelah mengikuti kelas BM 12, beliau mendapat tawaran dari Bunda Kanjeng untuk menjadi kurator atau penanggung jawab buku. Ibu Aam selalu mempersembahkan hasil-hasil karya antologi didalam setiap angkatan KBMN bersama Bunda Kanjeng. Setelah dipercaya menjadi kurator beliau menerima satu naskah dari Juminah yaitu yang mengisahkan seorang anak murid yang bekerja sebagai TKI di Arab Saudi sebagai tulang punggung keluarga untuk membiayai sekolah adik-adiknya. Memang sangat indah berbagi ilmu terlebih lagi jika ilmu tersebut dapat memberikan manfaat pada banyak orang, dan ada hal yang membuat ibu Aam terharu bahwa ada salah satu anak muridnya menciptakan sebuah karya novel cinta Juminah yang berjuang selama 5 tahun untuk menemukan cinta sejatinya. Di novel tersebut memberikan sebuah tantangan tersendir buat editornya  karena menghasilkan 300 halaman. Wouww sungguh tebal ya. 
    Sobbat Blogger malam semakin larut, namun pada kesempatan ini dibukan sesi tanya jawab, pertanyaan dari masing-masing peserta sungguh sangat luar biasa. Beberapa tip dan trik dari ibu Aam tentang menulis dari beragam pertanyaan:
1. Untuk cepat menulis buku dianjurkan ikut nubar (nulis bareng) buku antologi
2. Kunci utama produktif menulis adalah awali dengan niat dan motivasi diri yaitu menulis seribu buku
3. Sempatkan untuk melihat blog teman karena dari sana timbul ide-ide
4. Agar mahir dalam membuat pusisi disarankan agar rajin membaca karya puisi dan dapat dilihat di google dari angkatan 45 sampai pujangga baru
5. Setiap pengalaman kita dapat dijadikan sumber tulisan artinya kita dapat menjadi narasumber buat tulisan kita sendiri
6. Dengan rajin membaca maka akan membuat kita semakin gemuk menulis, buktikan dan rasakan dengan menulis setiap hari
7. Luangkan waktu kita jangan sampai menunggu waktu luang karena banyak hal akan terlewati
8. Untuk memunculkan ide kita dapat melihat dari setiap apa yang kita lihat, kita dengar, dan kita sukai. Tulisan akan kita terkenang dan terukir saat kita sudah tiada
9. Kita semua mempunyai kesibukan, namun kita harus pintar dalam Management waktu dan membuat prioritas dalam hidup kita apabila kita sudah dapat memilah apa yang menjadi tujuan kita tidak akan terabaikan
10. Ketika kita ingin menulis setiap orang pasti menemukan hambatan seperti rasa malas, mood naik turun namun semua itu dapat diatasi dengan refreshing sejenak lalu kembali lagi.
    Sobbat blogger yang saya kasihi, tidak ada kata telat untuk memulai sesuatu yang positif dimana ibu Aam memulai menulis saat memasuki usia 50 tahun bisa kebayangkan dengan usianya beliau mampu membuktikkan karya-karya yang luar biasa, ayooo sobbat kitapun mampu dan pasti bisa!
    Baiklah sobbat Blogger, waktu jualah yang memisahkan sampai berjumpa pada tulisan saya ya di topik lainnya. Akhir kata saya ingin memmberikan sebuah pepatah Jawa kuno
Memayu hayuning pribadi: memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana." (Berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia)

Selamat Siang, Salam bahagia dan selalu sehat-sehat ya




    







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESUME KE-14 KONSEP BUKU NONFIKSI

  Oleh                          : Ni Putu Nala Krisdiani, S.I.P., M.Sc. Narasumber           : Musiin, M.Pd. Moderator               : Yandr...