Rabu, 25 Januari 2023

RESUME KE- 8 KOMITMEN MENULIS DI BLOG

 Oleh                 : Ni Putu Nala Krisdiani, S.I.P., M.Sc.

Narasumber      : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si

Moderator        : Sigid PN, SH.

Tanggal            : Rabu, 25 Januari 2023

Tema                : Komitmen Menulis di Blog


    Pada kesempatan kali ini kita akan menceritakan segudang pengalaman Bapak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si sebagai narasumber kita. Beliau menyampaikan pada pertemuan yang ke 8 ini bahwa tetaplah menulis, menulis dan menulis. Untuk membuat sebuah tulisan bisa dimulai dari melihat, mendengar yang ada di sekeliling kita. Contoh pengalaman hidup seseorang, diri sendiri, tokoh-tokoh terkenal dan kita menggunakan media sosial seperti Blog. Buatlah diri kita selalu produktif, produktif setahun akan jadi hebat, produktif 2 tahun akan menjadi luar biasa, [produktif 3 tahun akan menjadi ahli, dan apabila kita telah mempunyai keahlian maka pekerjaanlah yang akan mencari kita. Produktif akan mendatangkan hasil yang memberikan manfaat dalam bentuk cuan maupun buku.

    Contoh sebagian besar guru di Indonesia senang melakukan hal yang minimalis. Melakukan sesuatu dengan rutinitas sehari-hari sehingga kita tidak mampu meluangkan hal-hal yang lain. Bahkan karena kesibukan kita pada rutinitas pekerjaan, banyak sebagian orang kehilangan waktu untuk mengupgrade diri sendiri bahkan untuk keluarga. Kita bisa menjadi tidak produktif. Beliau juga menyampaikan untuk menjadi orang yang hebat harus produktif, harus mempunyai visi, pengembangan, ide, melakukan perencanaan, melakukan hal-hal yang efisien. Kita harus berkembang dan apabila kita sudah melakukan produktifitas maka kita akan sukses.

     Teruslah bergerak jangan berhenti, dengan kita mempunyai aktivitas diluar kegiatan kita maka penghasilan sampingan akan datang dengan sendirinya. Kita perlu menganalisis apa yang kita lakukan, kita akan lebih punya rasa percaya diri. Tuangkanlah ide-ide kita dalam sebuah tulisan lalu bisa kita simpan di blog, mengapa? karena bila kita simpan di HP, suatu hari HP kita rusak maka semua data yang kita milikipun akan lenyap. Semasa kita hidup buatlah jejak yang baik agar kelak kita telah tiada dapat dikenang jejak kita yang telah ditoreh dalam sebuah tulisan. Apakah kita telah tiada mau menghilang begitu saja tanpa dikenang bagaikan daun yang tertiup angin lalu menghilang ataukah tetap dikenang?


    Oleh karena itu tetaplah produktif semasa kita hidup. Dokumentasikan apa yang kita lihat, kita dengar, di lain waktu kita akan membuka dan membaca hasil tulisan kita tanpa kita sadari betapa luar biasanya kita dalam menangkap pesan dari alam. Contoh lainnya ada sebuah pengalaman seorang ibu yang tidak dapat berjalan namun beliau dapat mengajar anak-anak, hal ini didengar oleh Presiden dan kemudia di ekspos oleh media sosial. Saat itu Presiden memberikan sebuah penghargaan terhadap beliau sebidang tanah dan bangunannya. 



Ingatlah Gajah mati meninggalkan gading harimau mati meninggalkan belang. Jadi...tunggu apalagi mulailah segera untuk menulis.


Berikut ada tips agar kita bisa konsisten menulis di Blog, sebagai berikut:

1. Tentukan Tujuan

2. Buatlah Outline

3. Mulai menulis

4. Selesaikan tulisannya lalu di Upload

5. Publish

6. Ikut Komunitas

7. Baca tulisan orang

8. Menulis lagi

9. Perkenalkan diri kita

10. Ikut Club/ organisasi

11. Tentukan pilihan

12. Networking


Awalilah hari-hari kita dengan bersyukur. Seperti pada film Eat, Pray and Love. Bahwa semua adalah bentuk manifestasi. Nikmatilah hidup ini karena semua yang kita lihat adalah bentuk manifestasinya. Kita dapat berkunjung ke pulau-pulau yang ada di Indonesia dan sungguh luar biasa, dari hal itu kita dapat memulai sebuah tulisan kita. Tidak ada keringat yang percuma apabila kita ingin melakukan sesuatu. Kita harus keluar dari zona nyaman. Beliau menceritakan pengalamannya ketika tahun 2021 menjabat sebagai sekretaris dewan pendidikan di Jakarta Pusat , saat itu tidak ada honornya namun beliau mengatakan networkinglah yang didapatkan dengan mengikuti organisasi tersebut. Yakinlah tidak ada energi yang percuma karena pada akhirnya kita akan mendapatkan balasannya, karena semesta dan Tuhan akan mencatat semuanya dan akan dibalas pada waktu yang tidak terduga. Kita harus cerdas dalam membagi waktu kita antara aktivitas dan kegiatan lainnya sehingga semua dapat berjalan dengan baik.

    Demikianlah sepenggal kisah yang dibawakan oleh pak Dedi pada tema kita kali ini. Semoga dengan pengalaman-pengalaman beliau kita mendapatkan pencerahan. Semoga melalui tulisan saya dapat juga memberikan manfaat kepada para pembaca. 



 





 





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESUME KE-14 KONSEP BUKU NONFIKSI

  Oleh                          : Ni Putu Nala Krisdiani, S.I.P., M.Sc. Narasumber           : Musiin, M.Pd. Moderator               : Yandr...