Senin, 23 Januari 2023

RESUME KE-6 MENULIS BUKU MAYOR DALAM 2 MINGGU

 Oleh                : Ni Putu Nala Krisdiani, S.I.P., M.Sc.

Tanggal            : Jumat, 20 Januari 2023

Narasumber     : Prof. Richardus Eko Indrajit

Moderator        : Aam Nurhasanah, S.P.d.

Tema                : Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu


    Pada kesempatan kali ini kita akan menyampaikan dengan tema "Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu", untuk itu kita akan langsung diperkenalkan oleh narasumber kita Prof. Richardus Eko Indrajit dan moderator kita yang sudah tidak asing lagi Ibu Aam Nurhasanah, S.P.d. Prof akan berbagi pengalaman pribadinya bagaimana menjadi penulis dari buku mayor dimana karya tulis yang diterbitkan oleh penerbit nasional. Sampai dengan saat ini hasil karya yang sudah diterbitkan sebanyak 121 buku sejak beliau di bangku kuliah sedangkan untuk artikel sebanyak 623 baik dalam versi bahasa Indonesia maupun Inggris. Hobi menulis sudah beliau gemari sejak di bangku SD namun untuk pertama kalinya tulisan dapat diterbitkan di majalah ketika di bangku SMP. Baginya menulis adalah bagaimana berbagi ide, pemikiran, gagasan serta cerita kepada orang lain. Itulah awal menulis sehingga menjadi candu. Dengan membaca banyak referensi buku-buku serta menonton televisi membuat semangatnya semakin menggebu-gebu terlebih lagi pada tahun 2000 adalah buku Mayor pertama yang terbit yaitu dua yahun setelah krisis dan reformasi. Buku yang telah dihasilkan diantaranya sebanyak 10 buku pertama berisi mengenai bunga rampai dimana setiap buku terdiri dari 50 artikel dan setiap artikel berisi ringkasan satu topik yang menjadi terkenal saat itu. Suatu hal diluar dugaan saya dan semakin menggelora hasrat beliau lebih lebih dan lebih untuk menulis. Banyak yang memberikan penghargaan melalui SMS mengucapkan rasa terima kasih hal ini membuat hati beliau menjadi bahagia karena dapat berguna bagi banyak orang. 

   Tanggal 16 Maret 2020, disaat tersebut para Guru dan dan Siswa belajar dari rumah, dan Prof memutuskan untuk menjadi seorang Youtuber. Hari-hari beliau diisi yang berhubungan dengan PJJ dimana saat itu menjadi topik hangat nasional. Judul dibuat semenarik mungkin dan mengundang pertanyaan seperti gamification, flipped classroom, collaborative learning, metaverse, IOT, big data. Saat itu om Jay memintanya untuk bergabung agar dapat memberikan pelajaran kepada guru-guru dan oleh beliau setiap guru diminta untuk membuka youtube dengan alamat EKOJI CHANNEL. Dan setelah itu setia guru diminta untuk menuliskan apapun yang telah disampaikan oleh Prof di youtube tersebut setelah itu diberikan tambahan referensi untuk memperkaya konten. Sungguh luar biasa hasilnya bahwa dari 30 guru yang bergabung ada 19 buku yang telah diterbitkan. Dan dinatara 19 buku ada satu buku yang terpilih menjadi Buku Terbaik Nasional versi Perpusnas untuk kategori PJJ.Sampai dengan saat ini sudah lebih 60 buku guru-guru hebat yang telah berhasil diterbitkan oleh penerbit ANDI, wouwww sungguh luar biasa.   



    Prof juga memberikan sebuah tantangan kepada peserta diharapkan agar angkatan 28 sudah masuk ke penerbit sebelum Idul Fitri, dan buku yang diterbitkan dapat mengikuti kebutuhan pasar. Intinya adalah kita menulis bukan untuk diri sendiri namun untuk orang lain. Misalnya saat ini judul-judul yang banyak dibutuhkan oleh sekolah-sekolah Classroom Design and Management, Community Based Learning, Computer Based Assesment, Competency Based Learning, Computer Adaptive Assesment dan The 21st Century Learning Skills. Kita dapat memulai dari hal yang sederhana tidak perlu panjang, bermula dari sesuatu yang kita pahami dan sukai serta didukung oleh referensinya itulah kunci utamanya. Jangan patah semangat, bergabunglah dengan yang satu komunitas agar bisa berjalan bersama, berdiskusi bersama lalu eksekusi hasil diskusi tersebut. Mencari judul yang dapat diterima oleh publik yang anti mainstream. Semakin banyak kita menggunakan pemikiran orang lain semakin banyak referensi yang kita pergunakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESUME KE-14 KONSEP BUKU NONFIKSI

  Oleh                          : Ni Putu Nala Krisdiani, S.I.P., M.Sc. Narasumber           : Musiin, M.Pd. Moderator               : Yandr...