Rabu, 11 Januari 2023

RESUME 3 - MENJADIKAN MENULIS SEBAGAI PASSION

Judul                   : Menulis adalah Jendela Hati 

Oleh                    : Ni Putu Nala Krisdiani, S.I.P., M.Sc.

Tanggal               : 11 Januari 2023

Tema                   : Menjadikan Menulis sebagai Passion

Gelombang         : 28

Narasumber        : Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd.

Moderator          : Widya Setianingsih, S.Ag.


MENULIS ADALAH JENDELA HATI


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

    Hai Sobat Blogger, senang berjumpa kembali pada pertemuan kita kali ini dengan Tema " Menjadikan Menulis Sebagai Passion". Melihat tema tersebut saya punya bayangan bahwa menulis  adalah cerminan apa yang kita rasakan, fikirkan , penglihatan, pendengaran dan dikhayalkan berkaitan dengan hal tersebut pada kesempatan kali ini saya mengambil judul "Menulis adalah Jendela Hati". 
    Baiklah Sobat Blogger yang saya sayangi dan banggakan, sedikit saya ingin mengulas kembali pengalaman saya pada hari Rabu tanggal 11 Januari 2023 pukul 19.00 Wib, pada pertemuan tersebut dibawakan Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd. sebagai narasumber, dan Widya Setianingsih, S.Ag. sebagai moderator. Wouwww luar biasa loh antusias dari masing-masing peserta untuk mengikuti session tersebut, ini menunjukkan bahwa kami semua ingin menjadi penulis hebat seperti narasumber-narasumber kami. Walaupun materi diberikan melalui WAG hal tersebut tidak mengurungkan niat dan semangat kami menjadi kendor.
      Tak kenal maka tak sayang oleh karena itu kita coba dalami siapakah Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd. yang biasa disapa oleh Bunda Kanjeng. Baiklah Sobat Blogger yang saya banggakan Bunda Kanjeng  adalah seorang Ratu Antalogi, Motivator dan sekaligus Founder PMA Literasi Istikamah. Dengan usinya yang sudah terbilang cukup senior beliau masih sangat energik untuk mengisi kehidupan dengan hal-hal yang sangat luar biasa dan bermanfaat bagi banyak orang. Orang-orang yang sukses hanyalah mereka yang memiliki kebiasaan sukses-Brian Tracy. Saya berfikir kalimat tersebut sangat cocok apabila saya berikan bunda Kanjeng, bagi orang yang mengenalnya lebih dekat akan mempunyai pendapat bahwa beliau adalah sosok keibuan yang memiliki tutur kata yang santun, lembut dan menyejukkan bagaikan padang pasir tersirami oleh air. 
        Sobbat Blogger yang saya cintai, menurut Bunda Kanjeng "Passion atau rencana adalah satu gairah yang dimiliki semua orang, bagaimana kita menjaga passion dan menyalurkannya menjadi sesuatu yang selalui ingin dan ingin lagi. Sehingga tidak pernah padam, dan sudah menjadi kebutuhan bukan beban" begitulah sepenggal kalimat Bunda Kanjeng. Jika kita umpamakan kalimat tersebut adalah NAFAS. Nafas adalah suatu kebutuhan yang sangat essensial buat kita, apabila kita tidak bernafas yah sobbat blogger sudah tau ya jawabannya. Nah, artinya jadikanlah menulis itu seperti candu atau kebutuhan hidup buat kita. Cintailah pekerjaanmu walaupun tidak memberimu kekayaan namun setidaknya memberikan kita kehidupan seperti itulah kira-kira bayangannya. Banyak loh  sobat Blogger manfaat dengan menulis, dengan menulis kita bisa menumpahkan perasaan kita baik itu sedih, senang, susah, gembira apapun yang kita rasakan bisa kita tuangkan dalam sebuah tulisan. Dan apabila ingin lebih ditekunin lagi karya-karya kita dalam bentuk tulisan akan menghasilkan sesuatu, baik itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Contoh realnya para narasumber kita telah menghasilkan banyak buku yang luar biasa. 
        Sobbat Blogger yang saya banggakan, " Tidak ada sesuatu yang kebetulan didunia ini" Rancangan Tuhan itu sunggung luar biasa, mengapa? siapa yang menyangka bahwa kita semua dipertemukan didalam WAG ini. Frekuensi yang sama akan dituntun olehNya untuk berkumpul. Dengan berbagai macam ekspresi rasa yang dituangkan dalam sebuah tulisan ini adalah sebuah mujizat energiNya. Setiap orang membagikan pengalamannya dan setiap pengalaman memberikan inspirasi dan motivasi buat kita semua, inilah energi yang luar biasa tanpa kita sadari. Berbagai keahlian dan kelebihan yang dimiliki masing-masing peserta memperkaya Group menulis angkatan 28 ini yah...sunggung luar biasa. 
            Sobat Blogger yang saya cintai, taukah bahwa "Menulis adalah jendela hati kita"mengapa saya katakan demikian? karena dengan menulis kita mampu mengekspresikan hati kita yang paling terdalam. Menulis adalah jembatan kita untuk menghubungkan hati kita dengan dunia luar.           
Yuk...jangan pernah takut salah untuk menulis. Awali dengan doa dan niat, setidaknya kita beriktihiar agar apa yang kita lakukan dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi semua orang. Tetap konsisten, semangat, dan yang terpenting jadikan menulis sebagai candu kita. Malam semakin larut namun para peserta masih antusias namun waktu jualah yang mengharuskan kita untuk dapat beristirahat. Semoga persaudaraan melalui karya tulisan kita dapat lebih mengenal satu sama lain dan yang pastinya menambah rezeki melalui silaturahmi ini. Sebagai kata penutup Jangan pernah takut untuk mencoba, berlatihlah terus dan jangan berhenti tetap semangat. 


Jakarta, 12 Januari 2023








5 komentar:

  1. So sweet saya suka resume yang ditulis, mengalir dan menginspirasi. Terima kasih . Semoga tulisan ini masuk dalam pilihan yang ingin saya bukukan.

    BalasHapus
  2. LUAR BIASA.... tulisan mengali seprti air. sangat menginspirasi

    BalasHapus

RESUME KE-14 KONSEP BUKU NONFIKSI

  Oleh                          : Ni Putu Nala Krisdiani, S.I.P., M.Sc. Narasumber           : Musiin, M.Pd. Moderator               : Yandr...