Senin, 09 Januari 2023

RESUME PEMBELAJARAN

 Oleh                  : Ni Putu Nala Krisdiani, S.I.P., M.Sc

Peetemuan Hari Ke-1 (resume Ke-1)

Gelombang        : 28

Narasumber       : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd.

Moderator          : Dail Ma'rauf, M.Pd.

HIDUP ADALAH PILIHAN

"Hidup adalah pilihan", kalimat itu yang saya  hadapi sampai dengan saat ini. Memilih untuk bergerak ataukah diam, keduanya sama-sama mempunyai effort yang cukup kuat. Dan kita semua punya peranan untuk mengisi perjalanan kehidupan ini, semua tergantung pada ikthiar masing-masing orang. Dahulu pernah terbesit ingin bisa menulis, mencurahkan perasaan, pengalaman yang ujungnya dapat memberikan inspirasi dan manfaat bagi banyak orang. Keinginan itu masih tersimpan di bawah alam sadar sehingga takdir yang mempertemukan saya dengan teman saya untuk bergabung ke dalam komunitas grup penulis ini. Bertemu dengan orang-orang yang satu frekuensi itu tidak terlepas dari peran alam juga. Bermula dari keinginan, ada peluang, dan pilihan terakhir adalah bagaimana mewujudkannya. Pilihan ada di diri kita, mau bergerak atau mundur. Jika ingin tetap bergerak maju ada yang perlu menjadi perhatian untuk menjalankannya ada konsekuensi yang harus dihadapi yaitu Fokus, menyisihkan waktu, tekun, sepenuh hati dan komitmen. Dari serangkaian pertemuan tepatnya pada tanggal 9 Januari 2023 Pukul 19.00 Wib, Narasaumber yang biasa disapa akrab yaitu Om Jay tepatnya Dr. Wijaya Kusumah menceritakan  sepenggal kisah perjalanan hidupnya dari titik Zero sampai menuju kesuksesan mengapa saya katakan Sukses karena sudah banyak karya-karya beliau melalui tulisannya yang meberikan banyak manfaat bagi banyak orang serta penuh dengan inspirasi. Bagi saya beliau adalah Pemimpin yang baik mengapa saya katakan hal tersebut? karena beliau punya banyak Followers serta dapat bermanfaat bagi banyak orang seperti pepatah Jawa yaitu Urip Iku Urup yang artinya Hidup harus saling memberikan manfaat bagi sekitarnya .    

Untuk mengetahui dan memahami sesuatu ada baiknya kita perlu mengenal lebih jauh sosok beliau  dari biography sebagai berikut:

1. Dr. Wijaya Kusumah, S.Pd., M.Ps. lahir di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1972

2. Pendidikan S1 di IKIP Jakarta dengan jurusan Pendidikan Teknik Elektro ( 1990-1994)

3. Pendidikan S2 di UNJ dengan jurusan Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) 

4. Pendidikan S3 di UNJ dengan jurusan Program Studi Teknologi Pendidikan dengan judul Desertasi "Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa"

5. Sejak 1992 sampai dengan saat ini berkarier sebagai pengajar bidang studi TIK/INFORMATIKA di SMP Labschool Jakarta

6. Aktif dalam berorganisasi seperti : Ketua Umum HMJ Teknik Elektro FPTK IKIP Jakarta, Ketua HMI Komisariat FPTK IKIP Jakarta, Ketua Musholla "AL Biruni" FPTK IKIP Jakarta, Sekretaris Senat Mahasiswa FPTK IKIP Jakarta, dan Ketua LP2TK IKIP Jakarta, Bidang Perangkat Lunak (1994-1996). Sekretaris Ikatan Remaja Masjid Al Iman Komplek TNI Angkatan Laut Jatibening Indah, Pondok Gede, Bekasi (1990), Sekretaris Alumni Elektro FT-UNJ (2006-2011), Kepala Humas ikatan pengembang Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) Pusat, Sekretaris Jenderal Komunitas Guru TIK dan PGRI, Pengurus Dewan Eksekutif APKS PB PGRI, Penulis teraktif kompasiana.com, Penasehat Komunitas Blogger Bekasi, Mantan Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI), Mantan Penasehat Ikatan Guru Indonesia (IGI), Mantan Penaishat Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Bekasi, Konsultan pendidikan di beberapa sekolah swasta, Pendiri komunitas Sejuat Guru Ngeblog (KSGN), Founder Teacher Profesi Guru Indonesia (TWC), Founder Ikatan Profesi Guru Indonesia (IPGI), Pembina Redaksi majalah "Gema" SMP Labschool Jakarta, Narasumber untuk kreator, 

7. Karya Ilmiah yang dihasilkannya yaitu : Proses pembelajaran Internet dalam Meningkatkan Imtak Siswa (2005), Pembelajaran Berbasis ICT di Kelas Akselerasi dalam meningkatkan Imtak-Iptek secara terpadu (2006), Peningkatan Imtak Siswa Berbasis Proses Pembelajaran Word melalui CTL & Portfolio 2007, Peningkatan Kualitas Pembelajaran Internet di kelas dan masih banyak lagi karya-karya yang dihasilkan oleh beliau.

Sungguh luar biasa apabila kita melihat dan menyimak perjalanan karier Om Jay, namun apapun itu dari segi jabatan, pangkat apabila tidak bergunan buat banyak orang tidak ada faedahnya namun Om jay telah berhasil ruang kehidupan dan memberikan energi yang luar biasa buat kita semua khususnya saya. Inilah Pilihan Hidup Om Jay yang memberikan manfaat dan inspirasi buat banyak orang. Lalu kita menunggu apa lagi? buktikan bahwa kita juga mampu dan sanggup memberikan insiparasi dan manfaat buat banyak orang melalui tulisan kita. "Man Jadda Wajada" "Siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan berhasil". Yakin dan percaya Tuhan tidak Tidur.  

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya semoga tulisan saya ini melalui hati yang tercurahkan ke fikiran akan memberikan manfaat bagi kita semua. 


            



3 komentar:

  1. Semangat,.. senang dapat melangkah maju untuk kehidupan yang lebih baik.

    Menulis adalah proses,. yakin bahwa menulis adalah salah satu cara menambah imun.

    BalasHapus

RESUME KE-14 KONSEP BUKU NONFIKSI

  Oleh                          : Ni Putu Nala Krisdiani, S.I.P., M.Sc. Narasumber           : Musiin, M.Pd. Moderator               : Yandr...