Jumat, 27 Januari 2023

RESUME KE -9 MENULIS ITU MUDAH

 Oleh                : Ni Putu Nala Krisdianj, S.I.P.,M.Sc.

Tanggal            : Jumat, 27 Januari 2023

Narasumber     : Prof. Dr. Ngainun Naim

Moderator        : Lely Suryani, S.Pd.SD

Tema                : Menulis Itu Mudah



    Berbicara "Menulis itu Mudah" sesuai dengan tema kita pada kali ini hanya satu yang dapat kita lakukan Just Do It!. Prof. Dr. Ngainum Naim adalah narasumber yang akan memberikan pencerahan kepada kita semua apa yang harus dan akan kita lakukan untuk menulis tidak ketinggalan pula sesi materi akan di pandu oleh moderator kita Ibu Lely Suryani, S.Pd.SD. Beberapa tips kunci agar menulis itu mudah menurut Pof Ngainun sebagai berikut: 

1. Menulislah dari hal-hal yang sederhana yang sedang atau pernah kita alami

Dengan kita menceritakan pengalaman hidup, akan lebih memudahkan kita menuangkan dalam sebuah tulisan, jangan pernah takut salah atau tidak bagus karyanya pilih cerita yang mana akan kita akan ceritakan.

2. Jangan menulis sambil dibaca lalu diedit

Apabila hal itu terjadi akan menjadi hambatan secara psikologis dalam menuangkan pikiran kita. Menulis saja dan tuangkan apa yang ada dalam pikiran. Setelah selesai, tinggalkan sejenak, simpan di komputer, jangan dibaca terlebih dahulu, lebih baik cari suasana psikologis yang berbeda. Endapkan terlebih dahulu, apabila mood kita sudah kembali mulai kembalilah untuk menulis, cermati kalimat demi kalimat. Tambahkan ide yang ada jika ada yang ingin ditambahkan, apabila ada typo yang salah dapat di edit lalu sebelum mempublish ke kompasiana ada baiknya dibaca kembali gunanya untuk meminimalkan hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita. mengapa hal itu penting? karena tulisan adalah rekam jejak kita. 

3. Menulis tentang perjalanan

Menulis tentang perjalanan merupakan hal yang mudah dibuat, karena kita sendiri yang mengalaminya. 

4. Menulis secara ngemil

Lakukan menulis setiap hari, buat target untuk setiap paragraf. Ngemil itu adalah metode yang efektif.

    Berkaitan berat atau ringannya sebuah tulisan bagi Prof Ngainun adalah tulisan yang berat untuk kepentingan akademik karena beliau adalah seorang guru besar, dan ringan apabila untuk kepentingan publik karena beliau menyenangi menulis tentang apapun. Awali tulisan dengan prolog sederhana, karena ini sebagai pintu masuk untuk paragraf demi paragraf berikutnya. Ibarat kita ingin bisa naik sepeda untuk awalnya kita akan terjatuh-jatuh namun teruslah belajar sehingga kita dapat dengan mudah menaiki sepeda. Lawan terbesar adalah diri kita sendiri, butuh perjuangan, belajarlah tanpa henti, gali informasi dari media sosial seperti youtube, dan lainnya teruslah membaca, menulis. 

    Ada trik dalam menulis seperti ketika ingin menulis. Buat template atau semacam kerangka sederhana. Misalnya Empat Hal Yang Mudah Ditulis. 

1. Paragraf satu buat panduan. Menulis itu mudah apa sulit?

2. Paragraf dua menulis yang dialami

3. Paragraf ketiga menulis perjalanan

Jadi setiap pargraf kita telah menyusun kata kuncinya agar isi ceritanya tidak kemana-mana. Banyak membaca, banyak berlatih dan banyak menulis itu adalah kata kuncinya.  Teruslah menulis dan buktikan apa yang terjadi demikian mantra sakti dari Om Jay adalah penutup kita pada materi kita kali ini, semoga para pembaca setia dapat memetik manfaatnya dari tulisan saya. 





    





 

    

4 komentar:

RESUME KE-14 KONSEP BUKU NONFIKSI

  Oleh                          : Ni Putu Nala Krisdiani, S.I.P., M.Sc. Narasumber           : Musiin, M.Pd. Moderator               : Yandr...